Just another WordPress.com weblog

SHEILA ON 7

Sheila on 7 adalah salah satu grup musik populer Indonesia yang berdiri pada 6 Mei 1996 di Yogyakarta. Grup yang beranggotakan Duta (Akhdiyat Duta Modjo, vokal), Eross (Eross Candra, gitar), Adam (Adam Muhammad Subarkah, bass), serta Brian (Brian Kresna Putro, drum) ini pada awalnya bernama “Sheila” (bahasa Celtic: musikal). Kata “Gank” kemudian ditambahkan sehingga menjadi “Sheila Gank”. Kata inipun akhirnya diubah menjadi “on 7”, yang diambil dari tujuh tangga nada dalam musik. Sheila on 7 telah beberapa kali mengalami perubahan susunan anggota. Pada Oktober 2004 Brian masuk menggantikan Anton yang dikeluarkan karena dianggap tidak disiplin. Lalu pada Maret 2006 Sakti mundur dari Sheila on 7 untuk belajar agama di Pakistan.

Setelah sekitar dua tahun tak lagi terdengar denyutnya di blantika musik nasional, akhirnya pada 16 Mei 2008, Sheila On 7 akan melakukan pre launching album terbarunya yang berjudul “Menentukan Arah”.

Album ke-6 band asal Jogja ini baru dapat diluncurkan pada tahun ini karena secara materi dan produksi, album ini baru dapat diselesaikan pada tahun ini. Selain itu, dalam waktu dua tahun tersebut, Sheila On 7 dapat menciptakan juga agar album baru yang lebih fresh bagi fans mereka, SheilaGank maupun bagi musik Indonesia.

“Secara materi dan produksi, lagu-lagu pada album baru ini memang baru dapat diselesaikan pada tahun ini. Jadi rilisnya ya tahun ini. Disamping itu, dua tahun akan mambuat musik kami lebih fresh,” kata gitaris Sheila On 7, Eross dalam jumpa pers di Caesar Cafe & Resto (14/05).

Selain merupakan salah satu judul lagu dalam album baru ini, “Menetukan Arah” merupakan tekad Sheila On 7 dalam menentukan arah bermusik mereka dalam dunia industri musik nasional.

Materi album baru Sheila On 7 ini akan menyuguhkan musik yang lebih segar dari pada album sebelumnya. Salah satunya adalah munculnya perubahan sound pada album ini karena proses produksi hingga rekaman sound tersebut dilakukan oleh Sheila On 7 sendiri tanpa seorang sound engineer.

“Pada album ini, lagu-lagu Sheila On 7 akan terdengar lebih fresh dibanding album sebelumnya. Yang akan berubah adalah sound pada album ini, karena tidak lagi menggunakan sound engineer, tapi kita sendiri yang memproduksinya,” kata Adam.

Untuk album terbaru ini, masing-masing personel Sheila On 7 benar-benar mempunyai porsi yang besar dalam proses produksinya. Eross, Duta, Adam, dan Brian menggarap sendiri proses aransemen hingga rekamannya. “Album ini adalah album swadaya kita. Dari penggarapan, aransmen, hingga rekaman kita lakukan sendiri,” kata Brian sang drummer.

Tahun ini adalah tahun ke-12 bagi Sheila On 7 hadir di kancah musik nasional. Dengan semangat itu pula, band yang sempat dijuluki band fenomenal karena penjualan albumnya di atas 1 juta kopi untuk tiga album mereka ini akan mengadakan konser pre launching album “Menentukan Arah” pada hari Jumat, 16 Mei 2008 di Caesar Cafe & Resto mulai pukul 22.00 WIB.

Sehari sebelumnya (15/05), akan ada “Tribute Concert to Sheila On 7” yang akan menampilkan band asal Jogja seperti Cross Bottom, Kapas, Endank Soekamti, Bre, New Days, SKJ 94, dan Zen yang akan tampil menyanyikan lagu-lagu Sheila On 7.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s